isan to souzoku warisan inheritance

Posted: June 8, 2011 in journal
Tags: , , , ,

Warisan

Pada era Showa tahun 53 (1978), warisan yang paling banyak ditinggalkan oleh orang yang telah mati adalah Pentax milik Direktur Asahi Kougaku yang terkenal. Jumlah harta orang itu adalah 6,3M yen, yang pada waktu itu melebihi harta 4 orang. Jumlah warisan untuk pasangan adalah 1/3 dari total harta yang ada (Showa 56 / 1981), untuk anak-nya adalah 2/3 sesuai dengan ketetapan hukum. Berapapun jumlah anak yang ada, 2/3 itu dibagi itu seluruh anak yang ada. Dalam kasus Direktur Asahi Kougaku, istrinya menerima 2 M, sisanya dibagi untuk 5 anak, kira-kira 3M digunakan untuk biaya kematian + pajak.

Setelah tahun Showa 22 (1947) seperti itulah pembagian warisan, sebelumnya seluruh barang diwariskan pada anak laki-laki tertua. Sejak pertengahan zaman Heian hingga zaman Kamakura, di kalangan samurai ikatan darah menjadi semakin kuat, keluarga inti (本家) – keluarga cabang (分家), hubungannya semakin diperjelas.

Pengelompokan berdasar golongan darah dibagi menjadi 一家、一族、一門、status kepala Ichimon secara turun menurun menjadi pewaris. Kemudian, apabila terjadi perang pemimpin ichimon memimpin klannya utuk maju berperang.

Setelah zaman Muromachi, untuk mengembangkan hukum waris kekayaan, ichimon – ikatan ichizoku dihapuskan, kemudian pengaturan rumah tangga menjadi mandiri. Yang diwariskan oleh pemimpin itu bukan berupa posisi tapi berupa properti rumah.

Pada zaman Edo, samurai dapat gaji dari shogun, daimyo gajinya berupa tanah dan beras, jadi anak laki-laki tertua dari kalangan samurai mendapat tanah dan beras sebagai warisan.

Pendek kata, anak laki-laki tertua itu nanti akan mewarisi status kepala, properti rumah, dan gaji dari shogun, daimyou. Cara berpikir seperti ini masih berlanjut pada zaman Meiji, semuanya adalah milik kepala. Semua itu adalah dasarnya sistem Ie di Jepang, hal ini terus berlanjut hingga Showa 22(1947).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s