pilihan tetaplah pilihan

Posted: April 19, 2012 in diary
Tags: ,

Manusia selalu dihadapkan dalam berbagai pilihan dihidupnya. Bahkan sejak bangun pagi membuka mata kita memiliki pilihan kegiatan mana yang akan kita lakukan. Setiap pilihan yang diambil memiliki pengaruh dengan porsinya masing-masing. Ada yang memiliki dampak besar ada pula yang berdampak kecil yang tak kita rasakan.

Tidak pernah ada kata “tak dapat memilih” karena sebenarnya pilihan itu nyata adanya. Hanya saja kemampuan kita tuk melihat pilihan itu yang berbeda-beda. Tergantung pada tingkat kematangan masing-masing.

Dan sekarang aku yang dihadapkan pada pilihan gila. Kalau mengikuti sifat asliku sebagai opportunis tentu sudah pasti jalan A yang akan aku ambil. Hanya saja ternyata ada bagian dari diriku yang meminta tuk melihat semua ulang. Berusaha melihat lebih jauh ke depan, mencari jalan yang paling nyaman.

“andaikata”, “mungkin”, bagiku kata semacam itu tak akan mengobati hati bila jalan yang aku ambil salah. Yang aku bisa pada akhirnya hanya maju dan terus melihat jalan yang ada atau menjadi orang yang tersenyum dalam melihat hidup meskipun tulus atau tidak akupun tak tahu.

Sederhana sebetulnya pilihan itu. Tinggal menjawab iya atau tidak, tinggal memilih maju atau mundur. Tapi efek yang akan dirasakan akan berlangsung terus menjadi suatu bagian penting dalam hidup.

Sekarang jawabannya masihbelum bisa aku putuskan. Semoga aku dimaafkan oleh mereka, dan aku dimaafkan Tuhan, karena mengulur-ulur waktu.🙂

Leave a Reply

