jigoku hen part 1

Posted: April 25, 2012 in diary
Tags: , , ,

baru-baru ini saya menemukan anime yang menarik “aoi bungaku”.

dalam anime ini terdapat kumpulan sastra Jepang di masa perang maupun sesudah perang. misalnya “Hashire, Merozu” karangan Osamu Dazai. “kokoro” karangan natsume shoseki. dan masih banyak lainnya. namun satu cerita yang paling menarik perhatian saya adalah “Jigoku Hen” karangan Akutagawa Ryunosuke.

Jigoku hen jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Tabir Neraka. Karya ini berbentuk cerita pendek yang terdiri dari 20 bagian *saya juga baca versi asli Jepang”, namun yang diadaptasi dalam anime adalah ringkasannya ketika seorang pelukis disuruh oleh rajanya tuk menggambar “Kerajaan” yang sedang dikuasainya saat itu.

karya ini sendiri merupakan karya terakhir Akutagawa sebelum dia melakukan bunuh diri.

Pelukis ini bernama Yoshihide, merupakan seorang pelukis terbaik di kerajaan yang tak diketahui namanya. karena kemampuannya menggambarkan detail dengan begitu baik maka Kaisar menyuruhnya melukis gambar dirinya yang sedang menari bahagia berpesta di dalam kapal megahnya. di saat itu ada kapal kecil berisikan rakyat jelata yang tertabrak kapal Kaisar. rakyat itu berteriak minta tolong namun yang dilakukan oleh Kaisar malah menyuruh para prajurit membunuh semua rakyat yang tenggelam karena mengganggu pestanya. Yoshihide serta putrinya yang melihat itu semua tertegun karena mereka melihat dan menyadari bahwa ada yang salah dengan “dunia” ini.

keesokan harinya dipanggillah Yoshihide ke istana untuk menggambar makam Kaisar itu dengan keadaan “Kerajaan”nya yang serba indah dan mewah sesuai dengan apa yang dia lihat. hal ini tentu menimbulkan perasaan Yoshihide berkecamuk. karena dengan perintah menggambar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya maka si pelukis harus melihat sendiri keadaan “Kerajaan” yang sebenarnya.

diceritakan pada suatu bagian bahwa dia mengikuti prajurit yang ditugaskan untuk membakar barak pengungsi wabah agar tak terjadi penyebaran lebih lanjut. dia melihat manusia dibakar hidup-hidup. ketika ada orang yang akan menolong orang yang masih selamat dari pembakaran, orang itu malah dibunuh. dia juga menemukan dinding yang dibangun dari mayat-mayat orang. tujuannya adalah untuk menunjukkan sebagai budak bila tak setia maka akan mati dikubur hidup-hidup sebagai pondasi bangunan.

kemudian dia kembali ke dalam makam itu dan mulai melukis membabi buta tak kenal lelah. menyelesaikan lukisan tentang “kerajaan” yang diminta oleh Kaisar. setelah beberapa waktu Kaisar datang dan menemukan bahwa lukisan yang dia inginkan tak sesuai harapannya.kaisar murka dan dia menyuruh agar Yoshihide dihukum mati.

keesokan harinya, Yoshihide meminta kaisar tuk menyediakan api yang besar. yang seperti neraka. yang mana di dalamnya dibakar manusia hidup-hidup, agar ia dapat merasakan penderitaan, kesakitan yang seperti neraka itu sendiri. kaisar menyanggupinya. dan ia segera menyiapkan semuanya. namun tak diduga yang dibakar adalah putrinya sendiri.seketika itu juga dia tertawa kemudian kembali menggambar membabi buta dalam makam kaisar tersebut. kaisar tersebut bingung. keeseokan harinya ia melihat lukisan itu dan dia shock.

hanya bagian ini yang diceritakan dalam anime yang saya lihat. tidak jauh berbeda karena hanya mengambil beberapa bagian terakhir yang ada dalam karangan akutagawa namun mewakili keinginannya dalam menggambarkan “dunia” yang ia jalani selama ia menjadi penulis. dedikasi yang ia tunjukkan mengakibatkan dia memahami kelamnya hidup. kelamnya masyarakat homogen yang ada di Jepang.

http://www.mediafire.com/view/?kunbowgua3taurz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s