satu arah atau banyak arah?

Posted: April 25, 2012 in diary
Tags:

teringat perbincangan bodoh mengenai garis Tuhan.
tepatnya kemarin sore selama perjalanan pulang, ngobrol via gtalk sama rezar. mengenai arah jalan Tuhan.
dia menganggap garis Tuhan itu cuma 1 ga peduli berapa bnyk pilihan yg ada tetap saja jalannya 1. ga ada jalan lain yg ada garis lurus. kenapa bisa demikian dia berpikir arah takdir itu mau bagaimana juga ya cuma itu. kutipan dr gtalk
“Manusia itu mempunyai pilihan?bukankah itu bertentangan dengan kepercayaan bahwa Tuhan itu Maha Benar dan Maha Sempurna? dengan adanya pilihan bukankah itu menunjukkan adanya “loop hole” dalam skenario Tuhan?” by Rezar
akupun membalas dengan sistem hukum sebab akibat dimana apa yg kita ambil y itu yang akan terjadi. A berefek A, B berefek B. misal dihadapkan pada suatu jalan yg awalnya lurus kemudian dipisah menjadi 3 cabang. di mataku Tuhan menyiapkan banyak skenario sesuai jalan mana yg mau diambil. dan manusia diberi kebebasan untuk memilih sesuai hati nurani akal pikiran yg dimiliki.
kalau misalnya tidak demikian lalu apa guna akal pikiran yg diberikan Tuhan pada kita, bukankah kita diminta untuk berpikir sebaik-baiknya. semua memang sudah digariskan dan dibuatkan skenarionya oleh Tuhan. namun jalan dalam skenario itu mau happy ending, sad ending, bitter sweet ending, dark, light ending semua kita yang pilih.
Tuhan sebagai penyedia jalan pembuat jalan. kita dalam jalannya itu memilih arahnya.

tapi sebenarnya hal demikian bergantung bagaimana kita melihat Tuhan secara personal tp 1 yg pasti. Tuhan itu satu cuma cara pendekatan diri pada Tuhan yg berbeda. dan Tuhan itu sangat keren dan Maha Asyik.:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s