Activated

Posted: December 9, 2015 in diary
Tags: , , , ,

Setelah hampir setengah tahun, lupa password email yang saya gunakan untuk wordpress akhirnya dapat recovery. Hahaha.. Saya pikir wordpress ini sudah tidak dapat digunakan lagi, syukurlah dapat recovery.

Setelah lama tidak menulis, akhirnya saya memiliki waktu untuk menulis lagi. Yah, meskipun curi-curi waktu kerja. Hahaha.. Sejak 1 bulan lalu, saya sedang training di salah satu PMA Jepang di Surabaya. Meskipun tidak bekerja sebagai fulltime translator tetapi klien yang dihadapi adalah orang-orang Jepang. Sedikit khawatir kalau-kalau kemampuan berbahasa Jepang saya akan menurun karena jarang latihan dan belajar bunpou atau kanji.

PMA ini berkaitan dengan building material, sehingga cukup banyak istilah baru yang saya pelajari. Misalnya ukuran standar Jepang, Jepang tidak menggunakan sentimeter atau meter sebagai standar bakunya, tetapi menggunakan shaku untuk tinggi, jou untuk luas, ken untuk lebar, tsubo untuk luas. Cukup membingungkan pada awalnya, karena saya harus mengkonversi ukuran Indonesia menjadi standar Jepang.

Selain bekerja masih ada kewajiban lain yang harus saya lakukan yaitu 6 sks. Ah, hal ini sebetulnya dapat dikerjakan dengan baik kalau saya niat membaca buku. Setelah mendadak dikabari untuk ganti teori rasanya kepala langsung pecah. Saya tidak tahu harus bagaimana lagi mengerjakan 6 sks ini. Yang pasti harus dikerjakan, jadi sedikitnya 1 paragraf dalam sehari.

Saya rasa cukup sekian dulu curcol hari ini, saya sangat berterima kasih pada pembaca blog random ini. Hahaha… terima kasih banyak sudah mampir dan membaca blog saya. Saya akan lebih sering update lagi tentang pekerjaan atau hal-hal menarik lain yang saya temukan di sekitar. Hehe..

“毎日、前に一歩進め、後ろに振り向かない”

Leave a Reply

